Header Ads

Tips Dekorasi Kamar Sempit Agar Terlihat Lebih Luas

Menjadi tempat setiap orang tidur dan beristirahat setiap malam, kamar tidur tentu adalah salah satu dari beberapa tempat di mana orang-orang habiskan sebagian besar waktunya ketika di rumah, Tak hanya menjadi tempat istirahat, tak jarang kamar tidur juga menjadi tempat untuk belajar dan bekerja. Karena alasan-alasan tersebut, kamar tidur haruslah didesain sedemikian rupa agar istirahat malam Anda terlewati dengan sebaik mungkin. Desain kamar tidur yang kurang baik mungkin membuat Anda tak kerasan beristirahat kala malam tiba, pun Anda tak dapat berkonsentrasi penuh ketika belajar ataupun bekerja. 
Ilustrasi
Yang beredar di masyarakat adalah bahwa kamar yang baik sama dengan kamar yang luas. Namun nyatanya, tidak semua orang memiliki rumah dengan ukuran kamar yang luas. Memang, dengan ukurannya yang luas akan memudahkan Anda untuk menata barang-barang dan furnitur. Ukuran yang luas itu juga tidak akan membatasi Anda mendekorasi kamar sesuai yang Anda inginkan. Namun pada kenyataannya, kamar Anda tidak cukup luas. Apa yang harus Anda lakukan? Apakah Anda harus meratapi nasib dan menangis tersedu-sedu? Tentu tidak. Dengan mengetahui beberapa tips ini, Anda akan tetap bisa mendapatkan kamar tidur yang indah, meski memiliki ukuran yang mungil.
  1. Dari sekian banyak barang di  kamar tidur Anda, jadikan tempat tidur sebagai pusat dari kamar Anda. Salah satu tips menarik adalah untuk menempatkan tempat tidur tersebut di bagian tengah dinding yang berhadapan dengan pintu utama. Di sisi kanan dan kirinya, Anda dapat meletakkan bedside table berukuran kecil atau sedang. Cukup untuk menaruh lampu tidur, namun tidak terlalu besar sampai menghabiskan begitu banyak ruang.
  2. Pencahayaan menjadi aspek yang sangat penting bagi kamar berukuran kecil. Cahaya di dalam kamar akan mempengaruhi penampilan kamar. Untuk memaksimalkan pencahayaan dalam kamar, hindari menggunakan tirai yang terlalu tebal dan besar. Selain membuat kamar terasa lebih gelap, tirai seperti demikian juga membuat kamar Anda tampak berantakan. Cukup gunakan tirai tipis dengan warna yang netral. Jangan lupa untuk menggantung tirai lebih tinggi dari bingkai jendela agar mendapatkan kesan kamar yang luas dengan jendela yang tinggi. 
  3. Ekspresikan diri Anda dengan warna dinding, namun jika kamar Anda mungil ukurannya, ada beberapa aturan main yang harus Anda ikuti. Yaitu pilihlah warna-warna yang netral dan terang seperti putih, putih dengan sedikit hint kuning atau abu, peach, coklat muda dan lainnya. Sebaliknya, hindari menggunakan warna-warna gelap pada kamar tidur kecil Anda. Warna-warna netral dan terang dapat membuat efek kamar anda menjadi lebih luas, sementara warna gelap memberikan efek sebaliknya. Maka dari itu, pikirkan baik-baik warna cat yang akan Anda gunakan. Sandingkan juga dengan warna karpet dan langit-langit kamar. Apakah warna yang Anda pilih tersebut akan padu atau tidak dengan warna-warna lain di sekitarnya.
  4. Selain memikirkan warna dinding, Anda juga perlu memilih warna furnitur yang tepat. Senada boleh, namun hindari warna yang benar-benar sama dengan warna dinding. Hal ini dikarenakan kamar Anda akan terasa begitu hampa dan monoton jika seluruhnya didesain dengan warna yang benar-benar sama. Sebagai solusinya, jika Anda menggunakan warna peach sebagai warna dinding, maka Anda dapat menggunakan furnitur yang berwarna sedikit mencolok. Warna yang mencolok jika terlalu banyak memang tidak baik, namun jika digunakan seperlunya akan menjadi titik perhatian yang menarik.
  5. Langkah selanjutnya untuk membuat kamar tidur tampak lebih luas adalah dengan menggunakan cermin besar di dalam kamar. Penggunaan cermin besar didalam kamar yang sempit akan memberikan ilusi optik kamar yang dua kali lebih lapang dari aslinya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.