Header Ads

Review Mobil Toyota Avanza Gen 1

Toyota Avanza merupakan mobil keluarga yang diluncurkan bersamaan dengan Toyota Inova untuk menggantikan posisi kijang Kapsul. Mobil Toyota ini sebenarnya dirancang oleh desainer Daihatsu atau lebih pantas dibilang sebagai rebadge dari Xenia Daihatsu. Bisa dibilang kalau mobil ini merupakan proyek kerjasama antara toyota dan juga Daihatsu, hal ini terlihat adri logo daihatsu pada bagian di seluruh kaca jendela mobil. Mobil MPV ini sempat menduduki pasar otomotif setelah peluncurannya.

Avanza mampu melirik perdagangan karena harganya yang bisa kita bilang cukup murah (hampir setara dengan harga mobil bekas) namun kualitasnya cukup tinggi dan mampu mengangkut lebih banyak orang yakni 7 penumpang.

Dengan harga yang bisa dibilang cukup murah, tentu saja desainnya juga tidak mewah atau bisa dibilang mengecewakan.  Desainnya sangat jauh dari kata bagus dan masih kurang fitur-fitur pelengkap, spion masih menggunakan spion manual pada Tipe E sedangkan pada tipe G sudah dilengkapi beberapa fitur dan diperbaiki beberapa desainnya seperti palang bagian belakang, spion elektrik serta lampu kabut.
Mobil Toyota Avanza Gen 1 
Bagian interiornya dibuat dengan cukup standar layaknya mobil-mobil pengangkut barang namun sedikir lebih mewah, dibuat dengan bahan plastik keras dan pada baris ketiga bisa dilipat ke depan. Desainnya ini sesuai dengan harganya yang sangat terjangkau dan murah.

Mobil Avanza ini dihadirkan dengan 2 jenis mesin yaitu menggunakan mesin 1.3 liter K3-VE yang mencapai tenaga maks 92 Hp pada 6.000 RPM serta torsi puncak 120 Nm di 4.400 RPM.  Pada jenis kedua menggunakan mesin 1.5 liter 3SZ-VE yang dapat mengeluarkan tenaga maks 109 HP pada 6.000 RPm dan torsi 141 Nm di 4.400 RPM.


Toyota Avanza ini menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan dengan suspensi depan Mchpherson strus dilengkapi coil spring dan stabilizer, sedangkan belakang menggunakan 4-link dengan coil spring. Keungggulan dari Toyota Avanza ini adalah lebih irit dalam hal penggunaan bbm dan  mampu menampung banyak penumpang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.